Site Loader
Rock Street, San Francisco

          Penerapanwaktu sekolah 8 jam sehari dalam 5 hari seminggu dan dua kali libur (Sabtu danMinggu).

Alasan penerapannya yaitu agar siswa tidak menjadi nakal sepertitawuran atau penyimpangan lainnya ketika pulang sekolah. Ini dikarenakan orangtua yang masih belum pulang bekerja sehingga tidak bisa memantau atau mengawasianak dengan baik. Di satu sisi memang penerapan ini menguntungkan para orangtua yang sibuk bekerja sampai sehari penuh.

Best services for writing your paper according to Trustpilot

Premium Partner
From $18.00 per page
4,8 / 5
4,80
Writers Experience
4,80
Delivery
4,90
Support
4,70
Price
Recommended Service
From $13.90 per page
4,6 / 5
4,70
Writers Experience
4,70
Delivery
4,60
Support
4,60
Price
From $20.00 per page
4,5 / 5
4,80
Writers Experience
4,50
Delivery
4,40
Support
4,10
Price
* All Partners were chosen among 50+ writing services by our Customer Satisfaction Team

Namun di sisi lain, tidak semuaorang tua terutama ibu bekerja di kantor dari pagi sampai sore dan memilikilebih banyak waktu bersama anaknya ketika di rumah.          1.2  TUJUAN         Untuk meminimalisirkanpenyimpangan siswa yang berisfat negatif di lingkungan luar sekolah sepertitawuran dan kenakalan remaja lainnya. Siswa juga memiliki jam yang lebihproduktif dilakukan untuk kegiatan positif lainnya seperti belajar lebih lamadaripada digunakan untuk bermain yang bersifat negatif.  Dan juga diterapkannya penerapan ini makasiswa akan menghabiskan lebih banyak waktunya di sekolah. Hal ini memudahkanguru dalam mengontrol dan mengawasi perilaku siswanya dan menjauhkan pengaruhyang tidak baik dari lingkungan sekitar. Ini juga merupakan cara efektif dalammembentuk siswanya menjadi pribadi yang berkarakter. 1.

3  PERTANYAAN1.      Apakahanak-anak diharuskan untuk belajar sepanjang waktu di sekolah?2.      Apakahpenerapan ini lebih membuat para siswa menjadi lebih baik?3.      Apakahpara siswa merasa nyaman selama kurun waktu 8 jam di sekolah? ISI Sekolah 8 jam dalam 5 hari semingguatau biasa disebut full day schooladalah program sekolah yang menyelenggarakan proses belajar mengajar di sekolahselama sehari penuh. Umumnya sekolah yang menyelenggarakan pendidikan full dayschool dimulai pukul 07.00 sampai 16.00.

Pendidikan atau kegiatan belajarmengajar dijalankan hamper sehari penh muali dari pagi hari hingga menjelangsore hari. Adapun pro dan kontra dari penerapan full day school yang terdapatdampak positif dan negatifnya terhadap para murid di sekolah. Dampaknegatif yang biasa dikeluhkan oleh para siswa yaitu mereka merasa jenuh dikarenakankemampuan otak siswa memiliki batas tertentu untuk memahami pelajaran. Belajaryang dilakukan dalam jangka waktu lama juga tidak baik menurut pisokolog.Penerapan ini dikhawatirkan bisa membuat siswa jenuh untuk belajar ataumenerima ilmu dalam jangka waktu yang lama yang membuat siswa sulit menangkapmateri atau pelajaran yang disampaikan guru.

Penerapan full day school jugadapat mempengaruhi kesehatan siswa karena mereka membutuhkan tenaga sertapikirannya di sekolah untuk menuntut ilmu sepanjang hari dari pagi hingga sorehari. Banyak juga siswa yang jatuh sakit yang disebabkan karena daya tahantubuh yang menurun akibat terlalu lelah sehingga menyebabkan siswa mungkin padaesok hari tidak dapat mengikuti pelajaran. Belum lagi banyaknya tugas yangharus dikerjakan di rumah (PR) sehingga siswa bisa terganggu dalam kesehatanpikiran dan mentalnya. Dalam kurun waktu 8 jam sehari, jam istirahat biasanyahanya 2 kali yang masing-masing hanya sekitar 30-45 menit. Bagi kebanyakansiswa dalam waktu tersebut siswa belum merasa puas dalam beristirahat setelahmenerima pelajaran yang cukup banyak.

Full day school juga memiliki beberapadampak positif seperti banyak menghabiskan waktu bersama teman sebaya disekolah dan juga menjadi lebih dekat antara siswa dengan siswa yang lainnyasehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lebih baik. Dan orang tuajuga memberikan uang saku kepada anaknya yang lebih agar kebutuhan sepertimakan dan minum terpenuhi. PENUTUP 3.1 KESIMPULAN   Penerapansekolah 8 jam sehari dalam 5 hari seminggu atau yang biasa disebut full dayschool ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Salah satu kelebihan yangmenonjol yaitu dapat membentuk siswa menjadi pribadi yang berkarakter sepertidisiplin, tanggung jawab, dan bekerja keras dalam belajar. Dan kekurangannyayaitu kemampuan otak siswa memiliki batas tertentu, belajar dengan kurun waktuyang cukup lama juga tidak baik dan membuat siswa merasa jenuh. 3.2 SARAN DAN SOLUSIDengan penerapan ini diharapkan anak didik memilikiproduktifitas yang tinggi sehingga mampu memimalisir hal-hal negatif yangmungkin dilakukan oleh siswa ketika di sekitar lingkungannya. Ada baiknyasekolah mengurangi waktu jam belajarnya. Dari pukul 07.00 sampai 13.00 yangmungkin lebih efisien dan tidak terlalu menjadi beban bagi siswa karena merekadapat beristirahat di siang hari.

Post Author: admin

x

Hi!
I'm Eric!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out