Site Loader

A.

     Sistem berbeda dengan kelompokkarena strukturnyaKeberadaan interaksi antar komponen merupakan pembeda dari kelompokdan sistem. Ini menunjukkan bahwa sistem pasti memiliki sebuah strukturinteraksi yang bisa saja terlihat secara fisik maupun tidak terlihat.Berdasarkan ciri-ciri struktur sistem, maka sistem bisa memiliki berbagai macamtipe, yang mencakup: 1.       Sistem fisik dan sistem non-fisikSistem fisikadalah sistem yang bisa diidentifikasikan oleh panca indra kita, contohnyaseperti tubuh, TV, mobil. Sedangkan sistem non-fisik adalah sistem yang tidakbisa diidentifikasikan oleh panca indera namun mampu mempengaruhi sistemlainnya, seperti peratudan, klub, norma, dan kepercayaan. 2.       Sistem terbuka dan sistem tertutupSistem terbukaadalah berarti memiliki interaksi dengan komponen diluar batasannya, sedangkantertutup berarti tidak berinteraksi dengan lingkungannya.

Best services for writing your paper according to Trustpilot

Premium Partner
From $18.00 per page
4,8 / 5
4,80
Writers Experience
4,80
Delivery
4,90
Support
4,70
Price
Recommended Service
From $13.90 per page
4,6 / 5
4,70
Writers Experience
4,70
Delivery
4,60
Support
4,60
Price
From $20.00 per page
4,5 / 5
4,80
Writers Experience
4,50
Delivery
4,40
Support
4,10
Price
* All Partners were chosen among 50+ writing services by our Customer Satisfaction Team

Sebuah sistemtertutup akan memiliki sifat entropi yang bisa berujung kepada kemusnahan. 3.       Sistem detail dan dinamisTipe sistem iniberbasis kepada sumber kompleksitas yang terjadi, sebuah sistem kompleks detailberarti memiliki komponen yang banyak dan saling terkoneksi secara sederhana(puzzle, pesawat). Kompleksitas terjadi akibat koneksi sederhana namun sangatbanyak.

Sedangkan sistem kompleks dinamis timbul bukan akibat komponennya yangbanyak tetapi karena kompleksitas hubungannya yang beraneka ragam. Miripseperti permainan catur yang tidak memiliki komponen yang banyak namun aturanpermainannya yang berarti aturan interaksi bisa menimbulkan kondisi yangberbeda-beda dan banyak sekali. 4.       Sistem diskrit dan kontinuSistem diskritadalah ketika dalam sistem tersebut perubahan yang terjadi cukup atau hanyabisa dilihat dalam suatu selang waktu atau selang unit tertentu, seperti padasistem pabrik atau sistem manufaktur. Di sebuah pabrik kaos satuan unit adalahkaos, bukan setengah kaos atau seperampat kaos. Sebuah sistem kontinu memilikiperubahan yang perlu diliat secara terus menerus seperti sistem kebijakan,pengaruh iklim dan lainnya.

 B.     Ciri-ciri struktur1.       Memiliki komponen-komponen yang diidentifikasi didalam sebuahbatasan tertentu2.       Komponen ini bekerja sama dengan suatu struktur umpan balik tertentu3.       Pola ini akan menghasilkan sebuah karakteristik cirri holistik yangberbeda dari gabungan sederhana komponennya4.       Sistem memiliki tujuan, pola interaksi komponen dilakukan untukmencapai tujuan5.       Perubahan salah satu kategori ini dapat mengubah sistem, sehinggasebenarnya sistem selalu berada dalam kondisi multidimensi.

Perubahan batasan,struktur, tujuan akan mengubah perilaku sistem secara holistik.  C.     Sistem memiliki batasan dinamisApa makna batasan dinamis? Batasan didefinisikan sebagai garis atauruang panjang yang menandai batas dari sebuah area. Namun dalam konsep sistem,batasan tidak hanya berupa batasan geografis, namun juga batasan waktu (saatini, masa lalu, masa depan), skala (mikro, makro) dan batasan lainnya. Batasan dinamis berarti batas yang berubah seiring dengan carapandang kita. Batas yang berubah secara dinamis menunjukkan kemampuan untukmelihat secara dinamis permasalahan.

Kemampuan yang sering disebut sebagaipandangan helicopter (helicopter view). Mengacu kepada prinsip pandanganhelicopter dimana batasan pandangan kita akan tergantung dari ketinggianhelikopter, maka sebuah sistem memiliki sebuah batasan yang berubah pulatergantung pula dari cara pandang kita. Dalam kacamata sistem, batasan dinamismembuat setiap komponen dalam sistem bisa merupakan sub-sistem dan setiapsistem bisa merupakan bagian sub-sistem dari sistem yang lebih luas.Batasan dinamis merupakan ciri dari sebuah sistem terbuka yaituopenness. Karena batasan menunjukkan ada yang dianggap didalam dan ada yangdianggap diluar, sehingga sebuah sistem biasanya memiliki interasi antarakeduanya. Keterbukaan sistem memungkinkan sistem untuk beradaptasi, mampumempertahankan hidup, dan mengembangkan diri.

Sistem yang tertutup tidak akanmemiliki kemampuan beradaptasi dari umpan balik luar, sehingga perkembangannyaakan sangat terbatas. Sistem tertutup pada umumnya menuju ke arah penurunankualitas sistem bahkan kemusnahan sistem tersebut, akibat ketidakmampuannyauntuk beradaptasi dengan perubahan. D.     Sistem memiliki tujuan                Setiap sistempasti memiliki tujuan dan sasaran.

Tujuan dari sistem adalah mencapai ataumemenuhi sasaran. Ada yang jelas sasarannya ada yang harus dicari. Ada yanghanya punya satu sasaran ada yang puluhan.

Sasaran juga bisa berubah sejalandengan waktu, tujuan hidup kita sendiri sudah berubah dari 5 tahun yang lalu,dan pasti berubah atau berkembang 5 tahun yang akan datang.                Sebenarnya ada4 kemungkinan klasifikasi perilaku sebuah kelompok atau sistem dalam 2 dimensikebebasan memilih: kebebasan memilik cara dan tujuan.a.

      Pasif, sebuah sistem yang tidakmemilki cara dan tujuan yang bisa didefinisikan. Sederhana ini bersifat alat(tools) yang tidak akan berubah danmenghiraukan umpan balik terhadapkegiatannya. b.

     Reaktif, sistem ini memilikikemampuan untuk bereaksi terhadap umpan balik,namun tidak memiliki kebebasanuntuk memilih cara dan tujuan dalam bereaksi. Sebuah ciri tujuan sistem yangbersifat pemeliharaan diri (self-maintaining systems atau balancing system).c.

      Responsif, sistem memilikikebebasan untuk memilih cara untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, namuntidak bisa mengubah tujuan. Sistem ini sering disebut sebagai sistem pemenuhantujuan (goal-seeking system), sebuah sistem yang bergerak ke pemenuhan tujuan. Tujuanpaling primitif atau dasar adalah keberlanjutan hidup (survival). Secara umumada 2 tujuan respons sistem, yaitu·        Keseimbangan. Tujuan lainnyayang secara alamiah ada dimiliki oleh semua sistem adalahelaborasikeseimbangan. Keseimbangan (equilibrium atau homeostatis) adalahketika sistem bergerak menuju ke kondisi yang tidak berubah (kemapanan). Padakondisi ini tanpa adanya input yang berpengaruh maka sistem tidak akan berubah.

·        Elaborasi. Tujuan berikutnyaadalah elaborasi dan membedakan diri,yaitu ketika sistem akan cenderung menujuke pertumbuhan diri yang lebih besar yang membedakan dirinya dengan yang lain.Sistem seperti birokrasi memiliki kecenderungan seperti ini.

Aktif dan bertujuan. Dikenal pula sebagaipurposeful system, ketika sistem memiliki kebebasan untuk memilih cara untukmencapai tujuan dan bahkan kebebasan untuk mengubah tujuan. Sistem ini bagiandari goal-seeking sistem namun memiliki tambahan kebebasan untuk mengubahtujuan. Pembedaaan terpenting dalam syarat antara lain sistem dan kelompokadalah sistem memiliki struktur interaksi dari kom

Post Author: admin

x

Hi!
I'm Eric!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out